Promosi Giveaway Dalam Blogging – Promosi giveaway sangat penting untuk dilakukan karena dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pelaksanaan giveaway. Kita dapat mempromosikan giveaway yang diselenggarakan dengan beberapa bentuk promosi, seperti menyebarkan informasi, melakukan viral marketing, hingga memberikan tambahan hadiah bagi peserta dalam melakukan promosi.
Promosi giveaway terkadang menjadi salah satu unsur yang dilupakan dalam keseluruhan penyelenggaraan giveaway dalam blogging. Sehingga, banyak giveaway yang tidak bisa berkembang dan menghasilkan tujuan seperti apa yang semula telah ditetapkan. Karena itu, sebisa mungkin kita harus melakukan kegiatan promosi terhadap giveaway yang kita selenggarakan agar penyelenggaraannya dapat efektif dan efisien hingga mencapai tujuan yang kita inginkan.
Kegiatan promosi giveaway tidak harus selalu berkaitan dengan uang sebagai modal untuk menyelenggarakannya karena kita masih dapat memanfaatkan media dan peralatan lainnya untuk mengoptimalkan promosi yang kita lakukan. Beberapa bentuk promosi giveaway dalam blogging yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut:
1. Memanfaatkan jejaring sosial.
Situs jejaring sosial memang memberikan peranan yang besar dalam hal pemasaran informasi untuk mendukung kegiatan promosi giveaway kita. Selain jumlah penggunanya yang sudah banyak, mempromosikan giveaway ke situs jejaring sosial juga lebih tepat sasaran karena informasi langsung disampaikan kepada calon peserta yang berminat.
2. Membuat artikel dalam blog yang berkaitan dengan giveaway.
Untuk mengingatkan pembaca dengan giveaway yang kita selenggarakan, kita juga dapat membuat sebuah artikel yang mengandung topik yang relevan dengan giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya kita membuat artikel yang berisi tentang tips melakukan giveaway, cara mempromosikan giveaway, dan apa yang dimaksud dengan giveaway yang kemudian kita selipkan informasi tentang giveaway yang sedang kita selenggarakan.
3. Memberikan poin tambahan bagi peserta.
Kita dapat memanfaatkan peserta kita untuk media promosi terhadap giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya kita memberikan tambahan skor kepada peserta dalam giveaway yang berbasis kompetisi yang sedang kita selenggarakan apabila mereka juga ikut menyebarkan informasi giveaway ke akun jejaring sosial milik mereka masing-masing, mengajak teman mereka untuk ikut berpartisipasi, hingga membuat sebuah postingan khusus yang bersifat promosi giveaway yang kita selenggarakan di blog mereka.
Selain itu, kita juga menawarkan poin tambahan kepada peserta yang memberikan kritik dan saran yang membangun terhadap kekurangan giveaway yang diselenggarakan. Hal ini bisa menjadi ide yang bagus untuk evaluasi pelaksanaan giveaway agar lebih baik lagi ke depannya karena kita mendapatkan masukan yang bagus dari pihak yang terlibat langsung dalam menjalani giveaway yang kita selenggarakan.
4. Logo dan identitas blog kita di dalam hadiah giveaway.
Kegiatan promosi giveaway tidak harus selalu berkaitan dengan uang sebagai modal untuk menyelenggarakannya karena kita masih dapat memanfaatkan media dan peralatan lainnya untuk mengoptimalkan promosi yang kita lakukan. Beberapa bentuk promosi giveaway dalam blogging yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut:
1. Memanfaatkan jejaring sosial.
Situs jejaring sosial memang memberikan peranan yang besar dalam hal pemasaran informasi untuk mendukung kegiatan promosi giveaway kita. Selain jumlah penggunanya yang sudah banyak, mempromosikan giveaway ke situs jejaring sosial juga lebih tepat sasaran karena informasi langsung disampaikan kepada calon peserta yang berminat.
2. Membuat artikel dalam blog yang berkaitan dengan giveaway.
Untuk mengingatkan pembaca dengan giveaway yang kita selenggarakan, kita juga dapat membuat sebuah artikel yang mengandung topik yang relevan dengan giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya kita membuat artikel yang berisi tentang tips melakukan giveaway, cara mempromosikan giveaway, dan apa yang dimaksud dengan giveaway yang kemudian kita selipkan informasi tentang giveaway yang sedang kita selenggarakan.
3. Memberikan poin tambahan bagi peserta.
Kita dapat memanfaatkan peserta kita untuk media promosi terhadap giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya kita memberikan tambahan skor kepada peserta dalam giveaway yang berbasis kompetisi yang sedang kita selenggarakan apabila mereka juga ikut menyebarkan informasi giveaway ke akun jejaring sosial milik mereka masing-masing, mengajak teman mereka untuk ikut berpartisipasi, hingga membuat sebuah postingan khusus yang bersifat promosi giveaway yang kita selenggarakan di blog mereka.
Selain itu, kita juga menawarkan poin tambahan kepada peserta yang memberikan kritik dan saran yang membangun terhadap kekurangan giveaway yang diselenggarakan. Hal ini bisa menjadi ide yang bagus untuk evaluasi pelaksanaan giveaway agar lebih baik lagi ke depannya karena kita mendapatkan masukan yang bagus dari pihak yang terlibat langsung dalam menjalani giveaway yang kita selenggarakan.
4. Logo dan identitas blog kita di dalam hadiah giveaway.
Ketika pengumuman pemenang giveaway selesai dilakukan, kita dapat mencantumkan logo dan identitas blog atau usaha kita di dalam hadiah yang kita berikan kepada pemenang. Hal ini berguna untuk mempertegas branding blog atau usaha kita dan menjadikan promosi jangka panjang terhadap giveaway dalam blogging yang akan kita selenggarakan kembali di periode berikutnya. Pencantuman logo dan identitas blog atau usaha ini juga tidak boleh terkesan terlalu mencolok agar pemenang menganggap hadiah tersebut memang benar-benar sebagai hadiah dan bukan sebagai bagian dari alat promosi semata.
5. Memasarkan informasi giveaway di berbagai media berita.
Jika giveaway yang kita selenggarakan bersifat spektakuler karena menjanjikan hadiah dengan nominal yang besar, menetapkan target peserta yang banyak, lebih bersifat pada promosi usaha, dan didukung oleh modal finansial yang besar, kita dapat memanfaatkan media berita cetak, elektronik, hingga online untuk mempercepat dan memperluas penyebaran informasinya. Misalnya kita mempromosikan info giveaway yang kita selenggarakan di stasiun radio, surat kabar, dan situs iklan premium untuk menyebarluaskan informasi giveaway secara optimal.
Kegiatan promosi giveaway yang baik akan mendapatkan hasil yang optimal. Paling tidak, promosi yang gencar akan membuat giveaway yang kita adakan akan diketahui oleh banyak pihak. Selanjutnya, kita hanya perlu untuk mengemas konsep giveaway yang kita lakukan ini agar tampil lebih baik, unik, dan menarik guna menarik peserta sebanyak-banyaknya.
Promosi giveaway juga tidak harus membutuhkan dana yang besar untuk melakukannya. Kita hanya membutuhkan sedikit ide kreatif untuk bisa meramu beberapa bentuk kegiatan promosi yang menarik tanpa meninggalkan kesan elegan dan tidak dicap murahan oleh calon peserta kita.
5. Memasarkan informasi giveaway di berbagai media berita.
Jika giveaway yang kita selenggarakan bersifat spektakuler karena menjanjikan hadiah dengan nominal yang besar, menetapkan target peserta yang banyak, lebih bersifat pada promosi usaha, dan didukung oleh modal finansial yang besar, kita dapat memanfaatkan media berita cetak, elektronik, hingga online untuk mempercepat dan memperluas penyebaran informasinya. Misalnya kita mempromosikan info giveaway yang kita selenggarakan di stasiun radio, surat kabar, dan situs iklan premium untuk menyebarluaskan informasi giveaway secara optimal.
Kegiatan promosi giveaway yang baik akan mendapatkan hasil yang optimal. Paling tidak, promosi yang gencar akan membuat giveaway yang kita adakan akan diketahui oleh banyak pihak. Selanjutnya, kita hanya perlu untuk mengemas konsep giveaway yang kita lakukan ini agar tampil lebih baik, unik, dan menarik guna menarik peserta sebanyak-banyaknya.
Promosi giveaway juga tidak harus membutuhkan dana yang besar untuk melakukannya. Kita hanya membutuhkan sedikit ide kreatif untuk bisa meramu beberapa bentuk kegiatan promosi yang menarik tanpa meninggalkan kesan elegan dan tidak dicap murahan oleh calon peserta kita.
0 komentar:
Posting Komentar